Mapala “Arga Dahana” UMK Ikuti MBSC XVI

SAM_178110847835_891858890825137_6264803346808335456_nJember – Meru Betiri Service Camp (MBSC) merupakan kegiatan pelatihan kader konservasi nasional yang diselenggarakan oleh Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) dan Wadah Informasi Pecinta Alam Eks Besuki (WIPAB), dan berlokasi di Teluk Bandealit, Taman Nasional Meru Betiri, Kabupaten Jember Jawa Timur. Dalam kesempatan ini dua anggota Mapala “Arga Dahana” UMK yakni Jamaluddin dan Miftahuddin turut serta didalamnya.
Kegiatan yang bertemakan “Membentuk kader konservasi yang peka terhadap lingkungan” Diikuti oleh sekitar 105 orang dari berbagai Organisasi Pecinta Alam (OPA) dan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) dari berbagai daerah diantaranya dari Bali, Madura, Jatim, Jateng, Jabar, Yogyakarta dan Jakarta. Dalam MBSC ke-16 berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 27 November sampai 1 Desember 2014,
meski diadakan ditempat outdoor namun tetap tidak mengurangi sedikitpun antusiasme dari para peserta dalam kegiatan yang berisikan materi dan praktek lapangan ini. Sejumlah 17 materi yang disampaikan diantaranya materi Kehutanan Umum, KSDAHE, Analisis Vegetasi, Herbarium, Flora Fauna Indonesia, Hitung Karbon, Pengamatan Burung, Karnivor Besar, Plestercast, Ekologi, Analisis Air, Global Warming, Ekowisata, Pengamatan Masyarakat, Jurnalistik Lingkungan dan Advokasi Lingkungan.
Harapanya setelah mengikuti kegiatan di Taman Nasional yang terkenal dengan Penyu dan Bunga Rafflesia ini, dapat tercipta para kader konservasi yang militan serta mampu menyebar luaskan virus-virus peduli lingkungan kepada semua orang. Seperti yang tergambar dalam motto Mapala “Arga Dahana” yakni, “Petualang sejati tak berarti tanpa jiwa KONSERVASI”
Salam lestari . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>